Selasa, 30 Desember 2008

pernyataan yang saya kira salah


Banyaknya tokoh/predikat yang berakhlak "nyeleneh" menimbulkan banyak kontroversi, sehingga timbul pernyataan "kiai kok kayak gitu?!. guru kok kayak gitu?!, islam/muslim kok kayak gitu?!"
sebenarnya kalo kita mengacu pada pengertian masing-masing, bukan salah "Tokoh/predikat" itu, namun kesalahan itu ada pada sosok dan kesalahan kita dalam memahami pengertian masing masing predikat itu.. sebenarnya yang benar bukanlah pernyataan diatas yang pantas dilontarkan, tapi "kayak gitu kok kiai, kayak gitu kok guru, kayak gitu kok islam/muslim..
itu menurut pikiranku, sebab dua pernyataan yang hampir mirip diatas berbeda dalam maknanya..
yang namanya kiai/orang alim ulama' bukanlah orang yang di panggil kiai/ulama', tapi orang yang punya keilmuan dalam bidang tertentu yang disertai akhlak yang baik dikarenakan ilmunya menumbuhkan budi yang luhur.. begitu juga dengan Guru dan muslim...
so.. jangan ceplas ceplos kalo memberi cap, sebab bisa jadi itu karena kekurang fahaman kita dalam memahami apa yang kita komentari.. Ash-shomtu sitrun lil jahil wa zaynun lil 'alim..
artinya diam itu menutupi kebodohannya orang bodoh, dan perhiasan bagi orang 'alim.
(by,. fullChaQ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kumpulan Kitab Kuning Pesantren dan Bahtsul Masa'il

Kumpulan Kitab Kuning Pesantren dan Bahtsul Masa'il  NGOPISS Kumpulan Hasil Musyawaroh dan Kumpulan berbagai Kitab Kuning Pesantren GRAT...